Wana Trail Tambora 2018



Dompu, 27 s/d 28 Maret 2018. Sukses mengadakan Wana Trail tahun 2017, wana trail Tambora kembali digelar oleh Balai Taman Nasional Tambora dengan misi “Pendidikan Konservasi Usia Muda, Bakti Lingkungan dan Sapu Gunung”. Bertempat di Kantor Balai Taman Nasional Tambora, Kepala Sub Bagian Tata Usaha BTN Tambora secara resmi membuka dan melepas peserta Wana Trail Tambora 2018. Wana Trail Tambora 2018 merupakan kegiatan yang diselenggarakan Balai Taman Nasional Tambora dalam rangka membangun jiwa kebersamaan dalam menumbuhkan rasa kepedulian untuk menyelamatkan lingkungan dan menjaga kelestarian Taman Nasional Tambora. Wana Trail Tambora ini diikuti kurang lebih 100 peserta yang berasal dari berbagai unsur seperti LSM pemerhati lingkungan, perwakilan club terabas Kabupaten Dompu dan Bima, perwakilan TNI dan Kepolisian termasuk pegawai Balai Taman Nasional Tambora, Jumlah peserta yang lebih banyak dari tahun kemarin merupakan bentuk sukses Balai Taman Nasional Tambora dalam mengadakan kegiatan ini.


Wana Trail Tambora ini merupakan bagian dari kegiatan “Festival Pesona Tambora 2018” yang akan acara puncak akan digelar pada April 2018 mendatang.  Peserta Wana Trail Tambora 2018 mengelilingi Taman Nasional Tambora dengan melintasi 12 desa dan 4 kecamatan lingkar Taman Nasional Tambora dengan total panjang rute + 237 Km, sama seperti tahun lalu. Wana Trail Tambora 2018 Taman Nasional Tambora tahun ini  terbagi menjadi beberapa etape, yaitu:


1.      Etape I : Kantor Balai Taman Nasional Tambora – Desa Kore dan Piong

2.      Etape II :  Desa Piong – Desa Kawindato’i

3.      Etape III : Desa Kawindato’I – Desa Pekat (Dusun Pancasila)

4.      Etape IV : Desa Pekat (Dusun Pancasila) – Obyek Wisata Sarae Nduha (Desa
         Soritatanga)

5.      Etape V : Obyek Wisata Sarae Nduha (Desa Soritatanga) – Desa Kempo

6.      Etape VI : Desa Kempo – Kota Dompu


Dalam setiap etape ada rangkaian kegiatan yang dimasukkan dalam kegiatan Wana Trail Tambora ini. Peserta Wana Trail melakukan kegiatan Pendidikan Konservasi usia muda yang di lakukan di beberapa sekolah lingkar Tambora, Penanaman pohon yang dilakukan di sepanjang jalur Pendakian Kawinda Toi, Senam Pagi di Resort pancasila dan Bakti lingkungan/Sapu Gunung di Sepanjang Jalur Pendakian Pancasila. Misi Wana Trail Tambora 2018 yang digelar Balai Taman Nasional Tambora ini diharapkan mampu menjadi media yang efektif dalam mensosialisasikan keberadaan Taman Nasional Tambora sebagai taman nasional ke-51 yang berusia kurang dari tiga tahun serta penyadartahuan masyarakat tentang pentingya hutan konservasi.

Diharapkan Wana Trail Tambora Jilid 3 akan digelar kembali oleh Balai Taman Nasional Tambora sebagai media bersosialiasi kepada masyrakat akan pentingnya keberadaan Taman Nasional Tambora untuk masyarakat lingkar Tambora.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wana Trail Tambora 2018"