Doro Ncanga, Indonesia Rasa Afrika

Satu lagi potensi Gunung Tambora yang perlu kalian kunjungi yaitu Doro Ncanga, sebagai salah satu jalur pendakian dari lima jalur pendakian yang ada di Gunung Tambora, jalur ini memeliki ciri khas dan daya tarik sendiri dari jalur lain yang ada di Gunung Tambora, bahkan dari jalur pendakian gunung lainnya yang ada di Indonesia sekalipun. Jalur pendakian yang berada di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara barat ini sudah popular bagi para pecinta atau penikmat alam terutama bagi para pendaki gunung, akan tetapi  jika dilihat dari segi pengunjung masih kalah banyak dibandingkan dengan jalur pendakian Gunung Tambora melewati Desa Pancasila, yang notabene sudah sangat terkenal sebagai jalur pendakian utama Gunung Tambora.


Jalur pendakian Doro Ncanga ini terdapat 3 pos/shelter pendakian di sepanjang jalur yang dapat digunakan oleh para pendaki untuk tempat beristirahat, yang unik dari jalur ini ialah dapat di akses menggunakan kendaraan seperti mobil offroad atau sepeda motor sampai pos 3 dan selanjutnya dilanjutkan dengan berjalan kaki ke puncak Tambora, dengan kendaaran dapat di tempuh kira-kira 4-5 jam perjalanan.



Saat perjalanan dari pos 1 sampai pos 3 anda dapat menikmati perpaduan keindahan antara laut, savana dan pegunungan. Ketika di padang savana mata akan dimanjakan oleh pemandangan yang begitu indah, hamparan savana yang begitu luas yang diperkirakan mencapai 20.000 Ha.





Saat melintasi padang savana bukan hanya lautan rumput hijau saja yang akan memanjakan mata kita, akan tetapi mata kita akan di manjakan juga oleh sisa-sisa kejayaan kuda sembawa saat kejayaan kerajaan Hindia Belanda, memang sepanjang perjalanan di jalur ini anda akan disuguhi oleh banyaknya kuda liar yang berlari bebas. Selain kuda masih banyak pula hewan ternak lain seperti sapi, kerbau dan kambing yang hidup liar di tempat ini.






Sebutan "Indonesia Rasa Afrika" rasanya tak berlebihan untuk kawasan padang savana Gunung Tambora dengan bentang alam dan fauna yang bebas berkeliaran.

Tetap jaga kebersihan saat kalian berkunjung ke tempat ini. Salam Lestari...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Doro Ncanga, Indonesia Rasa Afrika"