JELAJAH ALAM PESONA TAMBORA 2018



Memasuki bulan April 2018 wilayah Bima dan Dompu mulai menggeliat terutama di wilayah sekitar Gunung Tambora. 11 April 1815 atau 203 Tahun yang lalu Gunung Tambora meletus dengan dasyat dan menggemparkan dunia, semenjak tahun 2015 tanggal tersebut ditetapkan menjadi hari perayaan puncak “Festival Pesona Tambora”. Berbagai acara yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata, Pemprov NTB, Pemda Dompu, Pemda Bima, KOMPAS dan Balai Taman Nasional Tambora mengisi rentetan acara di “Festival Pesona Tambora 2018” kali ini. Balai Taman Nasional sendiri mengadakan beberapa agenda dalam perayaan “Festival pesona Tambora 2018” seperti Wana Trail Tambora, Pendidikan Konservasi Ke Sekolah sekitar Gunung Tambora, Bakti Lingkungan/Sapu Gunung, Jambore Konservasi, dan Jelajah Alam Pesona Tambora 2018.
                Mengulang sukses pelaksanaan Jelajah Alam Pesona Tambora 2016 dan 2017 Balai Taman Nasional Tambora kembali mengadakan acara Jelajah Alam Pesona Tambora 2018 sebagai rentetan acara di “Festival Pesona Tambora 2018”. Acara yang digelar pada tanggal 10 April 2018 tersebut diikuti sebanyak 1.000 peserta dengan jumlah tim 125, dimana setiap tim terdiri dari 8 orang. Perserta Jelajah Alam Pesona Tambora 2018 kali ini diikuti oleh berbagai unsur masyrakat antara lain siswa-siswi sekolah di sekitar Bima dan Dompu, KPH, Kelompok Pecinta alam, Mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Bima dan Dompu, Dinas Pariwisata Kab Dompu, Pramuka Kwarda NTB dan Masyarakat umum.


            Jam 09.30 WITA semua perserta sudah berkumpul di depan pintu gerbang pendakian Doro Ncanga dimana start dan finish Jelajah Alam Pesona Tambora ini di gelar.  Para peserta Jelajah Alam Pesona Tambora ini menempuh jarah kurang lebih 12 KM dengan melewati 4 pos penilaian. Sebelum melakukan start para peserta mendapat arahan langsung dari Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional wilayah 2 Taman Nasional Tambora yaitu Wihandono Eki Sutopo, S.Hut, M.Ec.Dev.
            Tujuan dari acara ini selain untuk meramaikan “Festival Pesona Tambora 2018” juga sebagai langkah Balai Taman Nasional Tambora mengenalkan atau mempromosikan kawasan Taman Nasional Tambora kepada masyarakat secara umum dan kepada peserta Jelajah Alam Pesona Tambora 2018 secara khususnya, mengingat Balai Taman Nasional Tambora merupakan UPT Taman Nasional yang tergolong masih baru dengan berumur 3 tahun.
            Semua peserta sudah memasuki garis finish dan pengumuman juara sudah diumumkan, sebagai juara pertama ialah Mapala STIE Yapis Dompu, Juara Kedua SMA N 1 Dompu dan juara ketiga ialah SMA N 2 Manggalewa. Para pemenang berhak mendapat hadiah yang sudah dipersiapkan oleh panitia sebelumnya.
            Acara Jelajah Alam Pesona Tambora 2018 sukses dihelat dan semoga ditahun berikutnya acara serupa dapat dihelat lagi. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JELAJAH ALAM PESONA TAMBORA 2018"