Gunung Tambora Menjadi Geopark Nasional

Peta Geologi Gunung Tambora

Gunung Tambora adalah sebuah gunung stratovolcano aktif yang terletak di pulau Sumbawa, Indonesia. Gunung Tambora terbentuk oleh zona subduksi dibawahnya. Hal ini meningkatkan ketinggian Gunung Tamboa menjadi 4.300 mdpl (sebelum meletus hebat tahun 1815). 

"Apa hubungannya Gunung Tambora dengan geopark mas?"

Perlu kita ketahui dulu, apa itu geopark. Geopark atau Taman Bumi adalah kawasan geografis dimana situs-situs warisan geologis menjadi bagian dari konsep perlindungan, pendidikan, dan pembangunan berkelanjutan secara holistik. Sinergi antara keragaman geologi, biologi dan budaya harus ditonjolkan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari geopark, khususnya jika nilai bentang alam dan geologinya dapat ditunjukan kepada pengunjung.

Beberapa waktu yang lalu Gunung Tambora ditetapkan menjadi kawasan Geopark Gunung Tambora. Potensi Gunung Tambora sendiri yang menjadi syarat wajib dalam penunjukan Gunung Tambora menjadi Geopark. Kawasan Gunung Tambora tidak hanya mempunyai potensi keanekaragaman geologinya yang luar biasa, namun juga mempunyai potensi keanekaragaman hayati dan keanekaragaman budaya.

Untuk menjadi kawasan Geopark Nasional, Geopark Gunung Tambora telah melewati proses yang cukup panjang dari tahun 2014 dari tim penilai kementerian, perwakilan UNESCO dan pakar Geopark.

"Apa manfaat kawasan Gunung Tambora menjadi Geopark?"

Banyak manfaat yang didapat setelah diresmikanya kawasan Geopark Gunung Tambora ini, manfaat tersebut antara lain :
  • Mengenalkan dan mendidik masyarakat mengenai keragaman geologi, keanekaragaman hayati dan keanekaragaman budaya di kawasan geopark.
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat setempat terhadap pentingnya uapaya konservasi warisan bumi sebagai sumber daya tidak terbarukan.
  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan geopark berbasis pengembangan ekonomi lokal.
  • Menarik perhatian wisatawan untunk mengunjungi Geopark sebagai ikon wisata baru yang berkonsep pengembangan kawasan engan memperhatikan keberlanjutan lingkungan dan kebudayaan.
  • Membuka peluang menciptakan lapangan pekerjaan baru melalui kegiatan pariwisata keberlanjutan.
  • Menarik investor untuk berinvestasi di kawasan geopark sebagai dampak dari meningkatnya kedatangan wisatawab dan hidupnya ekonomi masyarakat lokal.
Lokasi geopark gunung Tambora terletak di semenanjung Sanggar, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Persisnya Gunung ini terletak di dua Kabuaten, yaitu Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu.

             Baca juga : Akses dan Transportasi Menuju Gunung Tambora

2 Tahun yang sangat berharga bagi Gunung Tambora, Kawasan Konservasi yang dulunya Suaka Margasatwa, Taman Buru dan Cagar Alam sudah di resmikan menjadi Taman Nasional pada tahun 2015 yang lalu. Sekarang di tahun 2017 kawasan Gunung Tambora juga ditunjuk menjadi kawasan Geopark Nasional.  Suatu hal yang baik untuk kedepanya bagi kemajuan daerah di sekitar Gunung Tambora (Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu). 

Semoga Bermanfaat. 

Referensi : Buku Geopark Gunung Tambora

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gunung Tambora Menjadi Geopark Nasional"