Tips Hidup Di Perantauan

Ilustrasi | Pergi Merantau

"Orang berilmu dan beradap tidak diam dan beistirahat di kampung halaman. Tinggalkan negerimu dan hidup asing di negeri orang "
, Imam Syafi'i

Menurut Badan Pusat Statistik tahun 2017 ini jumlah penduduk di Negara Indonesia tercatat lebih dari 261 juta jiwa. Dengan jumlah penduduk sebanyak itu wajar jika Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak. Jumlah penduduk yang banyak tersebut tersebar di seluruh wilayah negara Indonesia, dengan berbagai suku, ras, agama dan budaya.  

Namun selama ini penduduk terbanyak masih terpusat di pulau Jawa, karena penduduk Indonesia diluar pulau Jawa masih beranggapan kalau pulau Jawa ialah tambang emas sehingga mereka yang berada di luar jawa ramai-ramai pindah ke Pulau Jawa. Kita lihat saja di Jakarta, banyak orang yang menetap disana berasal dari berbagai daerah di Indonesia, malah orang asli tersingkirkan oleh orang pendatang.

Di Indonesia memang tidak bisa dipungkiri bahwa budaya merantau masih melakat pada diri setiap warganya. Orang Sumatra pergi ke Jawa, Kalimantan pergi ke Jawa, orang Papua ke Jawa dan oarang jawa Pergi ke Luar Jawa. 

Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa orang merantau itu pasti sukses, menjadi kaya dan lain sebagaimananya itu. Namun anggapan tersebut tidak selamanya benar, apabila kalian merantau tanpa memperhitungkan banyak hal-hal yang penting malah akan menjadi malapetaka  bagi hidup kalian. 

Hidup di peratauan itu tidak segampang yang dipikirkan, tanah perantauan ialah tanah asing bagi perantauan sehingga perantau harus cepat beradapatsi dengan daerah yang dijadikan tempat mencari nafkah. Saya sendiri adalah seorang perantau untuk mencari rejeki di tanah orang, hidup di perantauan yang saya jalani selama ini memang cukup berat juga, tapi hal itu saya hadapi dengan yakin. 

"Mas, Tips hidup di perantauan menurut mas apa?"

Saya hidup di perantauan memang belum terlalu lama, baru sekitar 2 tahun lebih saya hidup di perantauan. Namun waktu yang singkat tersebut sudah banyak pelajaran yang saya dapat selama merantau. Berikut saya berikan tips hidup di peratauan agar kalian betah menurut pengalaman saya.

1. Mempunyai Tekat Besar Sebelum Berangkat Merantau.

Sebelum kalian memutuskan untuk pergi merantau, sebaiknya kalian membulatkan tekat dan niat untuk pergi mencari nafkah ke tanah orang. Mengapa itu perlu? sangat perlu sekali karena tekat dan niat adalah dasar dari setiap tindakan yang akan dilakukan setiap manusia.

2. Pelajari Dulu Tempat Tujuan Rantau Sebelum Berangkat

Selanjutnya ialah mempelajari tempat tujuan perantauan dari segi profil daerah yang akan dijadikan daerah rantau, hitung besar biaya hidup disana, dan pelajari kultur di tempat tujuan. Jangan beranggapan bahwa merantau itu sama dengan pergi liburan, liburan hanya membutuhkan waktu yang singkat, tapi kalau merantau itu membutuhkan waktu yang lama dan panjang, bahkan kemungkinan buruknya kalian bisa-bisa menetap di tempat tersebut. Jadi hal-hal tersebut di atas sangat perlu dilakukan sebelum berangkat ke tempat perantauan.

3. Cari Informasi Mengenai Keluarga, Kerabat atau Teman yang Berada di Tempat yang Dituju.

Hal yang perlu juga diperhatikan sebelum berangkat ialah mencari informasi keluarga, kerabat atau sahabat yang sudah tinggal di tempat perantauan yang akan kita tuju. Misal ada keluarga atau sahabat yang sudah duluan tinggal di tempat perantauan yang kita tuju akan memudahkan kita untuk meminta bantuan beradaptasi di tempat baru, apalagi saat kita baru-baru datang.

4. Orang Perantau itu Harus Hemat.

Tidak peduli berapa pendapatkan yang kamu peroleh saat hidup di perantauan, hidup hemat ialah suatu hal yang sangat diperlukan bagi orang perantau. Jangan sampai pengeluaran kamu lebih besar dari pada pendapatan yang kamu peroleh di perantauan, akan menjadi sebuah bencana jika pengeluaran kamu lebih besar dari pendapatanmu. Ingat, kalian bukan di kampung halaman melainkan di tanah  rantau yang jauh dari keluarga. Barapapun penghasilan kamu berusalah menabung, karena kalian suatu saat akan ada moment mudik, dan itu memperlukan biaya banyak apalagi kalau tempat perantauan kalian jauh. Selain itu banyak hal-hal yang diluar dugaan pasti ada, seperti orang tua perlu kiriman atau bagi kalian yang sudah berkeluarga pasti ada-ada saja kebutuhan mendadak diluar kebutuhan wajib. 

5. Pandailah Bergaul Dengan Orang Lokal

Bergaul dengan orang lokal memang sangat penting dilakukan, ingat kalian hidup di tanah orang. Bergaul disini maksutnya bergaul disisi positif, seperti berinteraksi dengan tetangga, sopan dalam bicara dan carilah teman sebanyak mungkin. 

6. Belajarlah Bahasa Lokal 

Indonesia ini negara dengan suku yang banyak sekali, tentunya setiap suku mempunyai bahsa daerah yang berbeda - beda. Maka sangat saya sarankan kalian misal hidup di perantauan untuk belajar bahasa lokal atau daerah yang menjadi bahasa keseharian di tempat kalian merantau. Hal yang sangat berguna untuk mempermudah kalian beradaptasi dan berkomunikasi.

7. Selalu Berkomunikasi Dengan Keluarga di Kampung Halaman

Bagaimanapun kalian masih punya keluarga yang kalian tinggal di kampung halaman, jadi kalian harus tetap berkomunikasi dengan rutin. Ingat sejauh apapun kalian merantau tujuan akhir kalian adalah rumah kalian di kampung. Apalagi bagi kalian yang sudah berkeluarga, apstinya kalian sangat merindukan istri dan anak kalian di rumah. Sering-seringah berkomunikasi dengan mereka. 

8. Jadikan Kerjaan Kamu Menjadi Hal Yang Menghibur.

Seabagian perantau pastinya kalian akan sangat rindu sekali dengan keluarga di kampung halaman. Kalau saya perasaan tersebut saya larikan ke pekerjaan biar perasaan tersbut sedikit teralihkan. Saya yakin bila kalian tidak bisa menahan rasa tersebut pastinya kalian tidak akan betah di temat perantauan. Tapi jangan sampai juga pekerjaan membuat kalian lupa dengan keluarga di rumah. 

9. Ikuti atau Follow Akun Media Sosial Yang Ada di Kampung Anda.

Sebagai perantau pastinya kalian tidak begitu mengikuti perkembangan yang terjadi di daerah asal anda. Untuk itu sebaiknya anda mengikuti akun sosial media yang ada di temapat asal kalian, misalnya Intagram, Facebook dan Twitter. Disana kalian akan menemukan kabar terbaru mengenai kampung halaman kalian, cukup untuk mengobati rindu akan kampung halaman.

10. Mengebangkan Diri

Mengembangkan diri mengapa penting? Karena kita merantau bukan saja untuk mencari nafkah, tapi juga mencari ilmu baru yang tentunya di tempat asal kita tidak ada. Jangan menjadi orang yang cepat puas dengan apa yang kita peroleh. 

11. Jangan Lupa Untuk Mudik

Dari sekian tips diatas saya rasa tips hidup di perantauan yang paling terakhir ini sangat lah penting sekali, Karena kalian punya keluarga yang kalian tinggalkan di kampung halaman. Percaya sama saya, saat kalian merantau kata "Mudik" ialah suatu hal yang sangat kalian tunggu-tunggu. 

Nah itulah Tips Hidup Di Perantauan menurut saya, tips yang saya dapat dari pengalaman saya selama menjadi perantau.

Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Hidup Di Perantauan"