Gunung Tambora : Api Membakar Tubuhmu

Sabtu, 13 Agustus 2016. Tepat sore hari salah satu pegawai Balai Taman Nasional Tambora mendapat telfun dari anggota MMP (Masyarakat Mitra Polhut), yang mengabarkan bahwa telah terjadi kebakaran hutan yang lumayan luas di kawasan Taman Nasional Tambora, yang tepatnya di daerah SPTN I (Seksi Pengelolaan Taman Nasional) Kore.

Sontak kabar tersebut langsung disampaikan kepada pimpinan. Dan selanjutnya pimpinan memberikan instruksi langsung kepada beberapa pegawai yang siap untuk melaksanakan pemadaman agar kebakaran tidak sampai bertambah luas. Habis Maghrib Tim yang sudah ada dan siap akhirnya berangkat meluncur ke lokasi kebakaran.


Sampailah kami di pos kerja Desa Piong, disana kami langsung berkoordinasi dengan anggota MMP yang telah melaporkan kejadian kebakaran hutan tadi. Setelah titik lokasi kebakaran sudah di ketahui, dan segala persiapan alat untuk pemadaman sudah siap, kami langsung bergegas menuju kelokasi. Perlu usaha yang ekstra keras untuk mencapai lokasi, karena medan yang terlalu sulit untuk dijangkau dengan kendaraan roda 4. Sampailah kami di tempat terakhir yang bisa diakses dengan kendaraan roda 4, selanjutnya kita meneruskan dengan jalan kaki di tengah hutan belantara Gunung Tambora.



Setalah beberapa saat perjalanan, dari jauh kita melihat nyala bara api di beberapa titik. Saat sampai titik lokasi kebakaran kami mendapati hanya bekas kebakaran yang terjadi beberpa jam yang lalu dan tersisa hanya bara api yang berada di tonggak-tonggak pohon yang sudah tumbang. Segera kami memadamkan bara api yang masih menyala agar tidak merembet dan menyebabkan kebakaran lagi, karena sebagian besar di kawasan ini berisi padang savana yang otomatis akan sangat mudah sekali terbakar.




Setelah berjam-jam kami bergelut dengan bara api, akhirnya bara-bara api yang dapat kita padamkan sudah padam, jam yang sudah menunjukan 01.00 WITA tak menyiutkan nyali kami untuk terus bekerja demi kelestarian Hutan Tambora. Jam 2 tengah malam, kami memutuskan untuk turun menuju pos kerja Piong untuk beristirahat.

Satu setengah jam waktu yang dibutuhkan untuk sampai di pos kerja Taman Nasional Tambora yang berada di Desa Piong. Setelah sampai kita membereskan semua peralatan dan membersihkan diri dan dilanjutkan dengan istirahat. Salam Lestari...



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gunung Tambora : Api Membakar Tubuhmu"