Peta Jalur Pendakian Doroncanga, Gunung Tambora

Gunung Tambora ini mempunyai 4 (empat) jalur pendakian resmi yaitu Jalur Pancasila, Jalur Doroncanga, Jalur Kawinda Toi dan Jalur Piong. Nanti kedepan akan saya akan membagikan satu-persatu peta per-jalur pendakian yang ada di Gunung Tambora.




Namum pada kesempatan kali ini saya akan membagikan peta salah satu jalur pendakian yang ada di gunung tersebut, adalah jalur pendakian Doroncanga.  Jalur Pendakian Doroncanga ini terletak di Desa Soritatanga, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu. Mengenai akses menuju tempat ini bisa di lihat disini. Jalur yang  merupakan salah satu jalur favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara ini bisa di tempuh menggunakan Kendaraan roda 4 (offroad) ataupun kendaraan roda dua (trail), dengan waktu tempuh yang lumayan singkat.

Secara keseluruhan pada jalur ini ada 3 pos/shelter pendakian. Mari kita bahas lebih rinci agar lebih jelas tentunya.

  • ·        Pos I (pintu gerbang pendakian) menuju Pos II

Pos I (pintu gerbang pendakian) ini terletak diketinggian sekitar 132 mdpl. Jarak tempuh dari pos I menuju pos II sekitar 10 Km dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Sedangkan pos II ini mempunyai ketinggian sekitar 975 mdpl. Tipe jalan dari pos I menuju pos II bisa dikatakan agak landai dan kondisi jalan masih lumayan mudah untuk dilalui kendaraan.

  • ·         Pos II menuju Pos III

Saat menuju pos III dari pos II, kondisi jalan mulai agak mendaki dan luamyan rusak, jadi walau berjarak hanya sekitar 5 Km, tapi waktu tempuh bisa menjadi 2-3 jam. Karena pada saat perjalanan kadang kita juga memperbaiki jalan. Ketinngan di Pos III ini sekitar 1743 mdpl.

  • ·         Pos III menuju Puncak

Saat menuju ke puncak tidak bisa lagi menggunakan kendaraan, jadi dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan kondisi jalan yang lumayan terjal. Jarak dari pos III menuju puncak Ini hanya sekitar 2 Km dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan. Puncak di jalur ini berketinggian sekitar 2417 Mdpl.


Demikian penjelasan singkat mengenai jalur pendakian Doroncanga, Gunung Tambora.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peta Jalur Pendakian Doroncanga, Gunung Tambora"