Akses dan Transportasi Menuju Gunung Tambora


Gunung Tambora yang sudah berstatus menjadi salah satu Taman Nasional di Indonesia sejak April 2015 ini mempunyai trend kunjungan yang setiap tahun meningkat. Namum pengunjung yang masih mendominasi ialah pengunjung dari daerah lokal ataupun dari daerah NTB. Gunung Tambora yang terkenal dengan luas kalderanya ini menjadi tujuan utama bagi para wisatawan untuk menikmati keindahannya. Jalur pendakian yang resmi di Gunung Tambora ini ada 4 jalur, yaitu Jalur Pancasila, jalur doroncanga, jalur piong dan jalur kawinda toi.


Namun masih banyak orang yang belum tau bagaimana menuju Gunung Tambora atau akses menuju Gunung Tambora, khususnya orang dari luar Prov. NTB. Nah, disini saya akan sedikit memberi gambaran bagaimana menuju Gunung Tambora. Ada 2 pilihan yang biasa di gunakan menuju gunung ini, yaitu : Menggunakan pesawat, dilanjutkan transportasi darat dan menggunakan transportasi darat serta laut. Mari kita bahas satu persatu : 

  • Menggunakan Pesawat dan lanjut transportasi darat.

Misal kalian ingin waktu yang cepat dan singkat untuk menuju Tambora, transportasi udara ialah jalan keluarnya. Kalau kalian dari pulau jawa hendaknya naik pesawat menuju Bandara International Lombok terlebih dahulu, dan di lanjutke ke Bandara Sultan Muhammad Salahudin Bima. Jadwal penerbangan sendiri dari Bandara International Lombok ke Bandara Sultan Muhammad Hassanudin Bima ada 4 kali penerbangan setiap harinya dari maskapai Wings Air dan Garuda Indonesia. Untuk Wings Air berangkat pada pukul 09.50 WITA dan 16.00 WITA. Sedangkan Garuda Indonesia pada jam 06.00 WITA dan 14.55 WITA. Kalian bisa memilih jam yang sesuai dengan penerbangan sebelumnya. Nah, sesampainya di Bandara Sultan Muhammad Salahudin anda bisa menggunakan jasa sewa mobil yang banyak ditemukan di bandara, ataupun naik transportasi umum Bus yang bisa di temukan dari pagi sampai sore. Dari sini tergantung minat kalian mau menuju jalur pendakian yang mana. Misal kalian mau menuju jalur pendakian Pancasila dan Doroncanga bisa mengunakan bus dengan jurusan Bima - Kedindi/Calabai karena 2 jalur pendakian itu masih dalam satu kecamatan, Malah di jalur pendakian Doroncanga bus tersebut melewati depan pintu gerbang pendakiannya. Saat sampai di Kedindi/Calabai kalian harus menggunkan ojek untuk mencapai Pancasila. Lansung saja bilang ke tukang ojek "ke Pancasila, rumahnya  bang Saiful" karena di sana digunakan menjadi basecamp pendakian. Kalau kalian berminat ke jalur pendakian Piong dan Kawinda, bus yang harus kalian tumpangi ialah bus jurusan Bima - Kore. Seetelah di terminal Kore kalau kalian mau ke pionh Kalian bisa menggunalan ojek.  Namun kalau kalian mau Ke jalur kawinda toi, kalian harus menggunakan bus lagi dari terminal kore ke kawinda toi, perlu diketahui juga bahwa jadwal bus dari kore ke kawinda toi ialah satu pemberangkatan dalam satu hari dan itu pada jam 15.00 WITA.


  • Menggunakan Transportasi Darat dan Laut


Misal kalian suka yang backpaker atau hemat biaya, kalian biasa menggunkan transportasi darat yang pastinya tarifnya lebih terjangkau dan ekonomis. langsung saja ke topiknya, misal kalian dari jawa menggunakan sarana transportasi darat, pastikan kalian berada di Terminal Bertais, Lombok. Dari situ kalian akan melanjutkan dengan menggunakan bus ke pulau Sumbawa tepatnya ke cabang banggo, kec. Manggalewa, Kab. Dompu. Ada dua jadwal pemberangkatn dari Terminal bertais menuju ke Bima-Dompu yaitu pada jam 08.00 WITA dan jam 15.00 WITA. Ada beberapa bus yang tersedia dengan jurusan Lombok - Bima/Dompu, seperti Dunia Mas, Sinar Rejeki, Langsung Indah, Surya Kencana, Surabaya Indah dll. Sekitar 2 jam perjalanan dari terminal Bertais menuju Cabang Banggo kalian akan sampai di Pelabuhan Kayangan, di sini kalian akan menggunakan kapal feri untuk menyeberang selama 2 - 3 jam ke pelabuhan Pototano, Sumbawa. Dari Pelabuhan Pototano membutuhkan  waktu kira kira 6-7 jam menuju Cabang Banggo. Setelah sampai di Cabang Banggo kalian bisa melanjutkan ke Tujuan pilihan kalian, apakah ke Pancasila, Doroncanga, Piong maupun Kawinda. Untuk menuju tempat tersebut bisa menggunakan sarana transportasi umum seperti yang saya jelaskan di atas.

Nah, cukup mudah bukan menuju Tambora. Semoga artikel ini dapat berguna bagi kaliam yang akan liburan atau berwisata ke Gunung Tambora.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akses dan Transportasi Menuju Gunung Tambora"