Gunung Tambora dan Bebarapa Fakta Menarik.

Indonesia ialah negara kepulauan, namun selain negara kepulauan indonesia juga terkenal dengan negara yang banyak ditemukan gunung yang ada di dalamnya.



Negara yang dilewati "ring of fire" ini memiliki sekitar 60 gunung aktif yang tersebar dari Sabang sampai Meraouke. Salah satunya ialah Gunung Tambora. Gunung ini terletak di Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu, Provinsi NTB. Gunung yang terkenal dengan sejarah letusan dasyatnya ini memiliki beberapa fakta yang perlu diulas. Fakta-fakta tersebut diantaranya :

  • Letusan Terbesar

Gunung yang dulunya mempunyai ketinggian 4.300 MdPl ini merupakan gunung yang letusannya terbesar dalam peradapan manusia (yang tercatat) dengan indexs skala letusan 7 VEI. Letusan tersebut terjadi 2 abad silam tepatnya pada April 1815.

  • Kaldera Terbesar di Indonesia

Akibat letusan yang maha dasyat tersebut mengakitkan ketinggian Gunung Tambora hampir separuhnya hilang. Dan membentuk kaldera yang sangatlah besar. Kaldera ini merupakan kaldera terbesar di Indonesia dengan diameter 7 KM dan kedalaman 1,5 KM.

  • Mempengaruhi Iklim Dunia

Dampak letusan gunung Tambora selain membentuk kaldera yang besar. Letusannya juga sempat mempengaruhi iklim global. Di eropa pada tahun 1815 adalah tahun paling kelam, karena tidak ada musim panas akibat lapisan atmosfer diselimuti abu letusan Tambora. Kejadian tersebut dikenal dengan "The year without summer".

  • Memusnahkan 3 Kerajaan

Sebelum Tambora meletus di sekitar gunung tersebut ada 3 kerajaan yang hidup dengan damai. Namun akibat letusannya 3 kerajaan tersebut hilang dan lenyap ditimbun letusan. Kerajaan tersebut ialah Kerajaan Sanggar, Kerajaan Tambora dan Kerajaan Pekat.

  • Gunung Tertinggi di Pulau Sumbawa

Dengan ketinggian saat ini 2851 mdpl, gunung Tambora menjadi gunung yang tertinggi di pulau Sumbawa.

  • Taman Nasional Yang diresmikan Langsung Oleh Presiden.

Sejak 11 April 2015 Gunung Tambora secara resmi diresmikan menjadi Kawasan Taman Nasional Oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Ini meruapakn satu-satunya Taman Nasional yang diresmikan secara langsung oleh presiden.

Itulah beberapa fakta menarik terkait Gunung Tambora. Semoga bermanfaat.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gunung Tambora dan Bebarapa Fakta Menarik."