Peranan Pohon Dalam Siklus Air

Saat kalian membaca atau mendengar kata siklus air, pasti kalian berfikir tentang proses penguapan air permukaan ke atmosfer oleh bantuan panas sinar matahari, seperti gambar berikut :


Memang itu benar sekali, siklus air pada umunya memang seperti pada gambar tersebut, namun apakah kalian berfikir tentang kedudukan dan perananan pohon dalam proses siklus air yang selama ini berlangsung?



Pohon merupakan bagian penting dari proses siklus air yang terjadi, mereka memindahkan air dari tanah ke atmosfer melalui penguapan yang secara teknis disebut transpirasi. Secara umum Transpirasi adalah proses perubahan air menjadi uap air, yang naik ke udara melalui jaringan hidup tumbuh-tumbuhan, yaitu yang bisa melalui stomata daun. Faktor yang mempengaruhi transpirasi itu sendiri ialah jumlah tumbuhan, cahaya, suhu, defisit tekanan uap air, dan ketersedian air.

Jumlah pohon yang banyak tentunya akan menjadikan proses transpirasi ini akan berjalan dengan baik, imbasnya adalah siklus air yang berjalan dengan baik. Dalam hal ini kondisi hutan sangat berpengaruh dalam proses transpirasi, hutan yang masih lebat tentunya akan menyumbang uap air yang banyak pula. Hutan tropis ialah hutan yang selalu lembab dan basah yang banyak di jumpai di daerah khatulistiwa, hutan ini mempunyai curah hujan yang tinggi. Kondisi curah hujan yang cukup tinggi di daerah Hutan Tropis ini mengakibatkan banyak cadangan air yang tersimpan di dalam tanahnya, dengan begitu proses transpirasi dapat berjalan dengan baik, didukung letak hutan Tropis ini di daerah Khatulistiwa yang mempunyai sinar matahari yang terik sehingga proses penguapan saat Transpirasi berjalan cepat.

Setelah mengetahi fungsi pohon atau hutan dalam siklus hidrologi, tertarikkan untuk melestarikan hutan kita.


Salam Lestari…..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peranan Pohon Dalam Siklus Air "