Madu Asli Tambora

Haloooo Penikmat Tamboraku Blogspot….

Membahas Gunung Tambora pasti kalian berfikir tentang kaldera yang sangat indah dan mengagumkan. Gunung yang terdapat di wilayah Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima provinsi Nusa Tenggara Barat  ini masih memiliki hutan yang sangat kaya akan potensi sumber daya alamnya, salah satunya adalah madu yang masih bisa ditemukan di kawasan hutan Tambora ini.

Madu asli Tambora, itulah biasanya warga sekitar menyebutnya. Kawinda To’i, ialah sebuah desa yang berada di sisi utara Gunung Tambora ini sangat mengandalkan potensi madu yang berada di Hutan Tambora sebagai mata pencaharian mereka, tentunya ada desa lainya di sekitar Gunung Tambora ini juga ada yang menjadi petani madu selain Desa Kawinda To’i. Uniknya dari madu ini ialah lebah sebagai penghasil madu hanya mau membuat sarang di satu jenis pohon saja. Pohon Lowa, begitu warga sekitar menyebutnya, atau kalau dalam bahasa Indonesia sering disebut pohon Ketimis. Masa panen madu paling banyak berkisar pada bulan Agustus  - September, biarpun setiap bulan ada panennya tapi tidak sebanyak pada bulan Agustus - September tersebut.








Di Desa Kawinda To’i persebaran pohon Lowa yang berada di dalam wilayah administrasi desa tersebut di kuasi oleh Desa, jadi Desa menggadakan pelelangan untuk setiap pohon tersebut kepada warga sekitar, tujuannya agar tidak terjadi konflik antar warga mengenai siapa yang berhak memanen madu tersebut. Di Desa ini pula sudah mulai terbentuk Kelompok Swadaya Masyarakat yang berfokus pada madu, “Madu Lestari” itulah nama Kelompok Swadaya Masyarakat yang ada di desa Kawinda To’i.



Segi kualitas madu tidak perlu dipertanyakan lagi, karena madu ini murni dari alam, bukan dari budidaya yang selama ini kita jumpai. Ciri-ciri dari madu Tambora ini berbeda dari madu pada umumnya karena madu asli Tambora ini memiliki warna yang coklat tua. Bicara soal harga, ada kualitas tentunya ada harga yang pantas juga untuk madu asli Tambora ini. Petani madu ini biasanya menjual satu botol ukuran 600 ml dengan harga kisaran Rp 60.000 – Rp 75.000 lumayan mahal memang, akan tetapi kualitasnya dijamin bagus dan madu asli tentunya, bukan seperti madu hasil campuran/oplosan yang sering kita jumpai di pasaran.

Warga Kawinda To’i sangat berharap ada pihak yang mau membantu untuk mempromosikan hasil madu mereka agar pemasaran madu asli Tambora ini semakin meluas ke semua penjuru Indonesia, karena saat ini potensi madu asli Tambora ini masih kalah tenar dengan madu lainnnya, selain segi pemasaran warga juga berharap bantuan dari pemerintah untuk mengadakan penanaman pohon jenis Lowa ini agar jumlah pohon semakin banyak dan hasil madu yang akan di panen juga bertambah banyak pula.

Itulah salah satu potensi Kawasan Gunung Tambora dari sekian banyak potensi lainya, jadi kalau kalian singgah ke kawasan sekitar Gunung Tambora jangan lupa membeli Madu Asli Tambora ini sebagai oleh-oleh atau sekedar buat konsumsi sendiri


Salam Lestari….. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Madu Asli Tambora"