Update Info Gempa Bumi di Indonesia

Indonesia terletak pada pertemuan 3 lempeng utama dunia yaitu lempeng Australia, Eurasia dan Pasifik, di sekitar Sulawes. Lempeng Eurasia dan Australia bertumbukan di lepas pantai barat Pulau Sumatera, lepas pantai selatan Pulau Jawa, lepas pantai selatan Kepulauan Nusa Tenggara, dan berbelok ke arah utara ke perairan Maluku sebelah selatan. Lempeng Australia dan Pasifik bertumbukan di sekitar Pulau Papua. Karena pertemuan 3 lempeng itulah, beberapa wilayah di Indonesia merupakan wilayah yang rawan gempabumi, seperti Aceh, Sumatera Utara (Simeulue), Sumatera Barat – Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten Pandeglang, Jawa Barat, Bantar Kawung, Yogyakarta, Lasem, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kepulauan Aru, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sangir Talaud, Maluku Utara, Maluku Selatan, Kepala Burung-Papua Utara, Jayapura, Nabire, Wamena, dan Kalimantan Timur.


Baru saja Pukul 18.45 WIB (11-11-2015) di Bantul, Daerah istimewa Yogyakarta terguncang gempang dengan kekuatan 5,6 skala righter dengan kedalaman pusat gempa/episentrum 93 km. Episentrum gempa tersebut terletak di 120 km Barat Daya Bantul, DIY.



Jika kalian mau liat update info gempa bumi yang terjadi di Indonesia bisa chek di http://www.bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Gempabumi_-_Tsunami/Gempabumi/Gempabumi_Terkini.bmkg

Semoga Bermanfaat

salam Lestari...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Update Info Gempa Bumi di Indonesia"