Beberapa Persiapan Sebelum Mendaki Gunung

Mendaki gunung tidak serta merta langsung naik tanpa persiapan yang memadai. Berikut beberapa persiapan yang harus diperhatikan oleh seorang pendaki gunung :
1. Sifat mental.
Seorang pendaki gunung haruslah tabah dalam menghadapi berbagai kesulitan dan tantangan di alam terbuka. Tidak mudah putus asa dan berani, dalam arti kata sanggup menghadapi tantangan dan mengatasinya secara bijaksana dan juga berani mengakui keterbatasan kemampuan yang dimiliki.

2. Pengetahuan dan keterampilan
Sebelum mendaki gunung hendaknya mengetahui tentang medan dan cuaca gunung yang akan didaki, teknik-teknik pendakian pengetahuan tentang alat pendakian dan sebagainya.
3. Kondisi fisik yang memadai
Mendaki gunung termasuk olah raga yang berat, sehingga memerlukan kondisi fisik yang baik. Berhasil tidaknya suatu pendakian tergantung pada kekuatan fisik. Untuk itu agar kondisi fisik tetap baik dan siap, kita harus selalu berlatih.
4. Etika
Harus kita sadari sepenuhnya bahwa seorang pendaki gunung adalah bagian dari masyarakat yang memiliki kaidah-kaidah dan hukum-hukum yang berlaku yang harus kita pegang dengan teguh. Mengontrol diri untuk tidak "merusak" alam dan melakukan kegiatan pendakian tanpa memikirkan keselamatan diri bukanlah sikap yang terpuji, selain itu kita juga harus menghargai sikap dan pendapat masyarakat tentang kegiatan mendaki gunung yang selama ini kita lakukan.


Nah, setelah pemaparan di atas, menurut anda apakah ada hal lain yang perlu diperhatikan bagi seorang pendaki?? Yuk, share disini..
Tetap jaga kebersihan setiap anda melangkahkan kaki di Gunung. Salam Lestari..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Persiapan Sebelum Mendaki Gunung"