Hari Pohon Se-Dunia

Halooooo pecinta, penikmat, dan penggemar Tamboraku Blogspot….

Sebelum masuk ke zona inti pembahasan artikel saya kali ini, saya sedikit memberi bualan dulu biar ada warna ditulisan saya :D . Suasana malam yang harusnya dingin dan enak buat istirahat sekarang sudah mulai menghilang, suhu panas yang mebuat gerah ini membuat saya tidak nyaman tidur dan beristirahat, belum lagi dengan rintangan lain untuk menuju suasana tidur nyaman. Nyamuk yang ganas ini merupakan rintangan saya untuk menuju ke kualitas tidur yang baik. Nah berawal dari hal-hal itulah saya menemukan ide untuk menulis artikel ini, karena susah tidur saya iseng-iseng buka HP dan browsing di mbah google dan ditemukanlah saya dengan judul untuk artikel saya ini. “Hari Pohon Se-Dunia” itulah yang akan menjadi kata primadona dalam tulisan saya kali ini.

Sudah cukuplah bualan saya, mari kita gassss langsung ke topik pembahasan.

Tanggal 21 November, seperti yang kita tahu merupakan peringatan Hari Pohon Se-Dunia. Hari yang mungkin dianggap sebagian banyak orang tidak begitu penting, dan bahkan ada orang yang belum tahu kapan Hari Pohon Se-Dunia itu diperingati. Semoga tulisan yang murahan ini dapat memberi info tentang kapan peringatan Hari Pohon Se-Dunia itu diperingati. Peringatan Hari Pohon Se-Dunia ini sudah seharusnya dapat menyadarkan dan mengingatkan kita tentang pentingnya pohon untuk keberlangsungan hidup kita dan anak cucu kita kelak. Menginngat, pohon yang semakin hari semakin berkurang dan tergantikan oleh gedung-gedung pencakar langit yang megah dan kokoh berdiri yang akan berdampak pada peningkatan suhu panas di atmosfer bumi. Fenomena bertumbuhnya gedung-gedung ini sudah merata di kota-kota besar yang ada di dunia ini tak terkecuali kota besar di Negara kita tercinta ini. Hal itu memang sebuah ironi di Negara kita mengingat luas hutan tropis kita terbesar ke-3 setelah Brazil dan Kongo.

Banyak faktor yang menyebabkan drastisnya penurunan luas hutan di Negara kita ini, salah satunya adalah maraknya Deforestasi. Deforestasi merupakan perubahan kondisi penutup lahan dari hutan menjadi bukan hutan (termasuk perubahan ke perkebunan, permukiman, kawasan industry dan lain-lain). Ini merupakan faktor utama penyebab berkurangnya luas hutan di Negara kita. Hutan lindung, hutan hujan tropis, dan hutan yang lain disulap dari deretan pohon-pohon menjadi deretan gedung-gedung besar dan pabrik-pabrik industry yang menghasilkan jutaan ton limbah dan polusi. Faktor yang lain ialah maraknya kasus illegal logging yang secara langsung berdampak pada berkurangnya luas hutan kita. Deforestasi dan illegal logging akan menjadi momok di Negara kita bagi keberlangsungan hidup pohon di hutan. Padahal pohon-pohon ini mempunyai peranan yang sangat vital bagi kerlangsungan bidup kita karena pohon dapat menghasilkan O2 yang berguna untuk kita bernafas dan menghirup CO2 yang terkandung di polusi udara yang ditimbulkan dari kegiatan manusia sehari-hari.  

Secara langsung konsumsi kertas yang berlebihan juga berdampak pada cepat berkurangnya lahan hutan di Negara kita ini, mengingat bahan baku pembuatan kertas adalah kayu. Semakin banyak kertas, semakin banyak pula kayu yang dibutuhkan dan semakin cepat pula lahan hutan kita berkurang. Nah jadi salah satu cara mengurangi konsumsi kertas yang berlebihan adalah memanfaatkan teknologi internet, dengan internet kita bisa membaca tanpa menggunakan kertas sebagai media. Termasuk juga membaca artikel saya di Tamboraku Blospot ini…hahaha.

Pohon sebagai salah satu mekanisme hidup dalam kehidupan kita memiliki peran penting di dalam menjaga keseimbangan yang berlangsung dalam kehidupan di muka bumi. Menanam pohon merupakan kontribusi yang sangat penting dalam menyelamatkan lingkungan. Pohon dapat membantu menurunkan emisi gas rumah kaca, sehingga turut membantu dapat meminimalisir pengaruh global warming. Selain itu pohon juga bisa menjadi solusi dalam berbagai bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, karena pohn selain bagus dalam penetralisir udara juga bagus dalam membantu dalam penyerapan air.

Hal inilah yang seharusnya kita kampanyekan kepada khalayak luas tentang vitalnya peranan hutan dan pohon, karena dengan terlestarikannya hutan dan pohon akan berdampak pada keharmonisan dan keseimbangan ekologis yang manfaatnya akan kembali pada manusia dan makhluk hidup lain.

Selamat Hari Pohon Se-Dunia…

Selamatkan hutan kita & selamatkan pohon kita

Salam Lestari…….




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hari Pohon Se-Dunia"