Beberapa Persiapan Bagi Para Pendaki Gunung Pemula

Ranu Kumbolo, Gunung Semeru

Kegiatan berwisata saat ini sedang naik daun, banyak orang yang sekarang mempunyai hobi berpiknik di biodata yang data dirinya. Hal yang sangat wajar bila dikaitkan dengan pesona Negeri kita tercinta ini yang mempunyai banyak obyek wisata yang menarik bagi para wisatawan untuk mengunjunginya, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Banyak pilihan tempat wisata yang seakan disediakan oleh Negeri ini bagi para penikmatya. Salah satunya adalah wisata “Pendakian Gunung”. Terdapat ratusan Gunung yang ada di Negeri kita ini yang dapat dijadikan pilihan oleh para pendaki, apalagi didukung dengan trend kegiatan Pendakian Gunung yang setiap tahun meningkat.

Kegiatan yang semakin dicintai oleh orang ini tentunya kegiatan yang sangat positif asal para pendaki tahu tata tertib saat melakukan kegiatan tersebut, Ada istilah :

“Jangan membunuh apapun kecuali waktu, Jangan mengambil apapun kecuali gambar, dan jangan meninggalkan apapun kecuali jejak”

Tentunya bagi para pendaki yang sudah berpengalaman akan tahu maksud dari kata-kata tersebut.

Mendaki gunung adalah kegiatan berwisata yang berat dan mempunyai resiko yang cukup tinggi, dengan begitu harus di dukung dengan kondisi fisik yang sangat baik. Apalagi kegiatan ini dilakukan di alam liar yang segala kondisi bisa terjadi. Pendaki yang sudah berpengalaman akan sadar akan bahaya yang akan dihadapi saat melakukan pendakian, seperti cuaca yang sangat lah ekstrim, medan yang sanggat bahaya dan lain sebagainya.

Artikel berikut ini akan memberikan beberapa tips sebelum melakukan kegiatan pendakian gunung, khsususnya bagi para pemula.

Beberapa persiapan sebelum mendaki bagi para pemula :

       Tentukan Target Gunung Mana Yang Akan didaki
Hal ini sangatah penting, sebelum melakukan persiapan yang lain hal inilah yang menjadi persiapan pertama bagi para pendaki, karena hal ini juga kan menentukan berapa budget yang akan anda butuhkan.

        Carilah Info Sebanyak Mungkin Mengenai Gunung yang Akan didaki
Setelah menentukan Gunung apa yang akan didaki, sangat saya sarankan agar kalian para pendaki pemula untuk mencari info sebanyak-banyaknya terkait Gunung yang akan kalian daki, misalnya saja:
-          Info aksesibilitas menuju lokasi gunungnya,
-          Jalur Pendakian yang ada.
-          Bertanya kepada orang lain, yang tentunya pernah mendaki gunung yang akan kita daki.
-          Syarat melakukan pendakian (Seperti surat keterangan sehat, fotokopi KTP, dll)
-          Kalau ada cari Peta Jalur Pendakiannya.

      Tentukan Jadwal Pendakian.
Persiapan selanjutnya ialah menentukan jadwal pendakiannya. Hal ini tak kalah penting juga, apalagi buat para pendaki yang bekerja, bersekolah maupun mempunyai kesibukan lainnya. Tambahan saran bagi saya, untuk para pemula agar memilih jadwal pendakian saat tidak musim hujan, karena pada musim hujan sangatlah berisko bagi pendaki pemula.

       Ajaklah Teman Anda.
Sangat saya sarankan kegiatan pendakian gunung sebaiknya kalian tidak melakukan hal tersebut sendirian, karena kalian di alam liar. Dikota saja bisa tersesat apabagi di alam liar dan sendiri, itu sangat bahaya. Apalagi apabila terjadi apa-apa misalkan saja ana cidera ditengah-tengah perjalanan, maka adanya teman akan sangat membantu kalian.

       Siapkan Mental dan Fisik.
Selanjutnya yang perlu kalian perhatikan ialah keadaan diri kalian sendiri. Apakah kalian siap mendaki? Kalau siap lanjutkan, kalau misal belum lebih baik jangan dipaksa karena kegiatan ini tidak mudah.

       Daftarlah Barang Yang Akan dibawa.
Berikut adalah barang-barang yang menurut saya sangat diperlukan saat melakukan pendakian di sebagian besar gunung, seperti berikut :
-          Tas Carrier
-          Sepatu Gunung
-          Jaket Gunung
-          Jas Hujan
-         Pakaian secukupnya (tidak disarankan kalian memakai celana yang berbahan jeans, karena akan terasa sangat berat saat kondisi basah)
-          Sarung tangan
-          Bahan makanan
-          Tenda
-          Matras
-          Sleeping bag
-          Alat masak (alat masak yang biasa digunakan di gunung ya, bukan di dapur)
-          Obat-obatan
-          Senter/Headlamp
-          Air
-          Peta jalur pendakian
-          Kompas
-          GPS (bila punya)
-          Trash bag.
-      Kamera

Itulah beberapa perlatan yang harus kalian bawa sangat mendaki, apalagi bagi pemula haruslah lengkap. Memang terlihat banyak, makanya tadi saya menyarankan untuk mendaki bersama teman agar pembagian barang bisa diatur.

      Minta Doa Restu Orang Tua.
Dan pada akhirnya “Doa Restu Orang Tua” sangatlah berguna sebelum anda melakukan kegiatan pendakian.

Itulah beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan pendakian bagi para pemula.

Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Persiapan Bagi Para Pendaki Gunung Pemula"