Alat Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung Di Musim Hujan.

Para pendaki di Gunung Tambora

Memasuki bulan Oktober biasanya musim penghujan sudah dimulai, dan bulan November hingga Januari ialah bulan dimana curah hujan sedang tinggi-tingginya. Namun hal itu biasanya tidak menyurutkan nyali bagi para penggila ketinggian atau pendaki gunung. Apalagi bagi yang berpengalaman akan menjadi candu sendiri mendaki saat musim hujan. 

                   Baca jugaBeberapa Persiapan Bagi Para Pendaki Gunung Pemula

Jika kalian beruntung kalian akan melihat hijaunya padang savana yang biasanya ada diberbagai gunung di Indonesia, hal tersebut tidak akan ditemukan saat mjsim kemarau karena biasanya saat musim kemarau padang savana tersebut akan kering bahkan ada beberapa yang terbakar. Bagi kalian yang ingin menikmati hamparan hijaunya padang savana di gunung siapkan mentak dan fisik kalian saat mendaki di musim hujan.

Tentunya persiapan fisik dan mental saja tidaklah cukup dijadikan modal untuk mendaki gunung dimusim hujan. Membawa barang wajib saat mendaki gunung seperti Tas carrier, sleeping bag, jaket, dan tenda itu ialah barang bawaan pokok saat mendaki hujan saat kemarau maupun musim penghujan. Akan tetepi saat musim hujan barang-barang diatas sangat kurang untuk dibawa saat mendaki.

"Lantas barang tambahan apa saja yang wajib dibawa saat musim hujan mas?"

Nah, mari kita ulas satu persatu barang tambahan yang wajib dibawa oleh pendaki saat musim hujan. 

1. Jas Hujan

Jas hujan ini tidak digunakan saja oleh para ojek atau pengendara motor saat musim hujan, namun bagi para pendaki gunung Jas Hujan tersebut sangatlah penting dibawa saat mendaki dimusim hujan. Ada memang jas hujan yang khsusus bagi para pendaki gunung, namun apabila kalian pendaki gunung tidak mempunyainya cukup membawa jas hujan yang biasa dipakai tukang ojek atau pengendara sepeda motor, cukup aman kok bila digunakan saat mendaki gunung.

2. Cover Bag

Selanjutnya ialah coverbag, benda ini biasa juga sudah melekat sih pada carrier kalian. Namun beberapa pendaki tidak menggunakan alat ini untuk melindungi carrier nya saat musim hujan. Benda ini berguna untuk melindungi carrier atau isi dalam carrier basah saat kalian mendaki di musim hujan.

3. Trash Bag

Yang tidak kalah penting juga ialah trash bag, senaiknya kalian membawa beberapa trash bag saat mendaki di musim hujan, selain digunakan untuk membungkus sampah benda ini juga berfungsi untuk mengamankan barang kalian dari air hujan. Caranya cukup gampang masukan semua barang yang akan kalian bawa dulu kedalam trash bag sebelum dimasukan kedalam carrier. Oke mudah bukan?.

4. Pakaian Yang Mudah Kering

Meskipun kalian sudah memakai jas hujan, cover bag dan trash bag, tidak menutuk kemungkinan barang yang kalian pakai atau kalian bawa akan basah juga. Untuk itu pakaian yang sifatnya mudah kering akan sangat bermanfaat dibawa saat mendaki gunung dimusim hujan.

5. Senter Anti Air

Barang atau alat selanjutnya ialah senter anti air. Barang ini juga tak kalah penting dari yang diatas, apalagi misal kalian mendaki saat malam hari dengan kondisi hujan, akan sangat repot jika senter kalian rusak karena terkena air hujan.

6. Tas waterprof

Nah yang terakhir saran saya untuk mendaki gunung saat musim hujan bawalah tas waterprof. Tas ini sangat berguna untuk menyimpan barang elektronik anda seperti handphone, kamera atau TV misal kalian membawa TV saat mendaki gunung..hehehe. (dan itu tidak mungkin). Dompetpun sangatlah penting untuk disimpan di tas waterprof tersebut.

Demikian beberapa barang atau alat yang harus kalian bawa saat mendaki gunung diwaktu musim hujan. Tambahan saran dari saya, sebelum melakukan kegiatan pendakian gunung di musim hujan alangkah baiknya kalian mencari info mengenai prediksi cuaca pada jadwal yang sudah kalian tetepkan. Apabila cuaca tidak mendukung sangat disarankan untuk menunda dulu kegiatan pendakian kalian. Saran lain pantau terus info dari petugas yang ada digunung tersebut, apakah gunung tersebut pendakiannya masih dibuka atau sedang ditutup, karena biasanya saat musim penghujan kebanyakan jalur pendakian sedang ditutup untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. 

Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alat Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung Di Musim Hujan."