Tambora dan Asal Usul Sepeda

Di Jerman, tahun 1816 diingat sebagai Tahun Kesengsaraan. Di beberapa daerah, misalnya di Baden, Württemberg dan Bayern, harga gandum naik drastis sampai tiga kali lipat.

Thomas Schnabel, Direktur Musium Sejarah negara bagian Baden Württemberg menerangkan, penduduk pada masa itu belum tahu apa yang menyebabkan bencana ekologi itu. Mereka hanya mengalami masa hujan dan salju panjang selama periode April sampai September. Gandum, kentang dan buah-buahan membusuk, roti cepat rusak.

"Tapi jangan lupa, bencana yang sebenarnya terjadi di Indonesia", kata Schnabel. Lebih 100.000 orang diperkirakan tewas terkena hujan abu panas dan tsunami yang muncul setelah letusan. Tambora memuntahkan debu dan batu-batuan sampai pada ketinggian sekitar 50 kilometer.

Bencana itu didokumentasikan di Eropa dengan berbagai cara. Menurut Schnabel, ada legenda bahwa bencana ekologi dan suasana gelap itu yang memberi inspirasi pengarang Mary Shelley menulis kisah seramnya "Frankenstein" tahun 1818. Karena transportasi dengan kuda makin sulit, bangsawan Freiherr von Drais waktu itu mengembangkan konstruksi sepeda yang pertama.

Sumber : www.dw.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tambora dan Asal Usul Sepeda"